UPAYA MENGGAPAI PENDIDIKAN YANG BERMUTU



“Upaya Menggapai Pendidikan Yang Bermutu



Salam hangat,buat para pembaca yang Budiman,



Assalamu’alikum war,wab.

  Ilmu adalah Mutiara paling berharga yang kita miliki dalam hidup,ilmu juga sebagai perhiasan,dengan ilmu sikap lebih baik,ia juga membentuk karakter atau kepribadian yang luhur,serta mengarahkan pada perbuatan yang positif,ia melahirkan segala kebaikan.

    Lalu bagaimanakah proses pembentukan kepribadian yang baik itu?,disini akan kita bahas beberapa hal atau upaya-upaya yang patut di terapkan dalam membentuk kepribadian yang baik tersebut.


    Tentu ,semua hal perlu adanya proses-proses tertentu untuk menggapainya,begitu juga dalam hal ini,yakni pendidikan yang bermutu lah hal yang mendasar daripada membentuk kepribadian yang luhur nan baik.


   Adanya hal yang membedakan suatu produk atau hasil yang real yang didapat berupa benda atau semacamnya,yaitu “mutu atau kualitas”daripada benda tersebut.”Mutu” yang juga biasa kita sebut dengan kualitas,adalah suatu ukuran baik atau buruknya,atau kadar,dari suatu benda,taraf atau derajat (kepandaian,kecerdasan,dan sebagainya) ,demikian yang di maksud dengan mutu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).


  Menurut saya,ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menggapai kependidikan yang bermutu,diantaranya;
  •  Tenaga ahli (profesional).Untuk hal ini tentulah yang berperan adalah guru ataupun dosen sebagai pengajar atau pendidik.Sebagai tenaga pengajar yang berperan penting,untuk itu hendaklah memahami betul,dengan sangat,serta mengetahui seluk beluk daripada konsep-konsep pendidikan,yang kemudian akan disampaikan pada peserta didiknya.Perlunya keahlian guru untuk menyelaraskan pengetahuan pada peserta didiknya.



  •   Efisiensi.Yaitu ketetapan cara,kerja atau usaha yang dilakukan dalam upaya menjalankan proses pendidikan.contohnya,ketepatan waktu yang telah ditentukan,upaya atau usaha yang dilakukan,serta ketepatan penggunaan tenaga ketika dalam proses pengajaran,ataupun biaya yang dikeluarkan dalam proses tersebut.


  •    Tahapan Materi (tingkatan materi).Untuk meningkatkan daripada mutu pendidikan,tentulah materi yang akan disampaikan harus juga ada peningkatannya.Artinya,bentuk dari materi yang disampaikan hendaknya beragam dan sesuai dengan kesetaraan peserta didiknya. Misalnya,peserta didik yang masih dalam tingkatan sekolah dasar,tidaklah kemudian di ajarkan dengan materi yang di sampaikan kepada peserta didik setara menengah atas (SMA).Kemudian yang terakhir yaitu,


  •    Sarana Pendidikan.Dengan pesatnya perkembangan zaman dan teknologi,kini upaya masyarakat tidak lagi perlu bersusah payah dalam mencari pengetahuan,berita,atau informasi.Cukup hanya dengan duduk manis di depan layar komputer,dengan akses internet,informasi terkini,ataupun berita-berita penting akan dengan mudah didapat.


  Untuk itu,bagaimana kalau upaya ini dapat diterapkan dalam ranah pendidikan atau dalam pembelajaran,bagi semua kalangan pendidikan,baik itu dari pembentukan dasar mula pendidikan formal,yaitu tingkat sekolah dasar,kemudian menengah,terlebih lagi dalam perkuliahan.Demi mencapai pendidikan yang bermutu,seperti yang di harapkan.


  Akhirnya ,dalam meningkatkan mutu atau kualitas daripada pendidikan,memang bukanlah hal yang mudah,tidak lah seperti pepatah”semudah membalikkan telapak tangan”,namun perlunya tahapan-tahapan tertentu dalam merealisasikan hal tersebut.


   Semoga apa yang kita harapkan,dapat terlaksana tanpa adanya suatu halangan apapun dalam menggapainya.amin



Wallahua’lam.

Wassalamua’laikum.



                                                                                                                          Penulis,




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah A'm dan Khas

makalah pengertian agama dan islam

WAKTU laksana PEDANG,